Selamat Datang di Website Resmi BMT Muamalat. Segeralah Bergabunglah Menjadi Anggota Kami. Mari Maju Bersama Berkarya Membangun Umat. 

KANTOR KAMI


Kantor
BMT Muamalat

Jl. Gudanglawas Jumapolo Karanganyar
Surakarta - Jawa Tengah
Tel. +62.622712176884
Fax. +62.620000000
email: layanan@bmtmuamalat.com

Special HTML


Ads on: Special HTML
Home BERITA

ARTIKEL DINAMIS
Inilah Hikmah dan Keutamaan Sabar PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Monday, 02 July 2012 04:40
Orang yang tidak merugi adalah orang yang beriman, beramal saleh, saling berwasiat kebenaran, dan saling berwasiat kesabaran. (QS al-Ashr [103]: 1-3). Sabar merupakan akhlak terpuji yang harus dimiliki setiap Muslim.

Pepatah Arab menyatakan, “Orang yang bersabar akan memperoleh kemenangan.” Allah berfirman, “Hai orang-orang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, (karena) Allah itu senantiasa bersama orang-orang yang sabar.” (QS al-Baqarah [2]: 158).

Dari segi bahasa, shabr artinya menahan dan mengendalikan diri agar tidak “dijajah” hawa nafsu dan emosi. Dalam kitab Tahdzib Madarik al-Salikan, Ibnu al-Qayyim mendefinisikan sabar sebagai menahan diri untuk tidak melampiaskan nafsu angkara murka, mengendalikan lidah untuk tidak berkeluh kesah, dan mengontrol anggota tubuh untuk tidak bertindak anarki.

Last Updated on Tuesday, 23 April 2013 01:02
Read more...
 
Haluan BMT 2020 : Tonggak Sejarah Perkembangan BMT PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Friday, 29 June 2012 09:17
Sebagaimana telah disinggung, pada era 70-an di dunia dan era 80-an di Indonesia, wacana ekonomi dan keuangan Islam benar-benar semarak, khususnya di kalangan terpelajar. Meski sedikit terlambat mengakomodasi ini, lokakarya Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya memberi rekomendasi agar didirikan lembaga perbankan syariah pada tahun 1990. Proses pendirian bank syariah yang tak mudah dan hanya melibatkan sedikit orang, membuat sebagian orang lainnya mencari kemungkinan yang seiring sejalan dengan rekomendasi itu.

Salah satu uji coba yang cukup berhasil dan kemudian tumbuh kembang adalah pendirian dan operasionalisasi BMT. Belakangan, perkembangan BMT tidak sekadar mengganti bank, namun menjalankan berbagai fungsi yang tidak mampu diselenggarakan dengan baik oleh Bank Syariah sekalipun. Selain soal masih banyaknya orang atau usaha mikro yang unbankable, BMT berhasil mengakomodasi budaya lokal dalam aspek operasionalnya. Ciri dan identitas masyarakat lokal pada umumnya tercermin dalam dinamika BMT yang eksis di wilayah itu.

Last Updated on Friday, 29 June 2012 09:32
Read more...
 
DENDAM MENGHAMBAT REJEKI PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Tuesday, 26 June 2012 01:18
Dendam itu biasanya berawal dari sifat pemarah. Pemarah bila terus dipelihara dan tidak segera diobati maka akan berubah menjadi dendam terhadap orang yang menyakiti. Dendam merupakan perasaan ingin membalas karena sakit hati yang timbul oleh permusuhan dengan mencari kesempatan untuk melampiaskan sakit hatinya. Selama dendamnya belum terbalaskan, maka belum ada kepuasan dalam benak si pendendam.

Dendam ibaratnya virus (penyakit) ganas yang melebur kehati manusia, lalu menghisab pelan – pelan potensi baik dalam diri manusia, hingga menjadikan kurus kering dan akhirnya tak berdaya. Islam sangat membenci dedam. Karena orang pendendam akan memiliki prilaku rendah. Seperti menfitnah, menggunjing, buruk sangka, mencari – cari kesalahan orang, mencela ( menganggap remeh / rendah orang lain).

Dendam mengakibatkan kerugian. Tak akan memberikan manfaat sedikitpun, kecuali beban berat dan menjadikan lelah, dan merusak keberadaan serta keberkahan rejeki yang pasti orang pendendam dampaknya sangat fatal karenanya menimbulkan permusuhan, perpecahan, terputusnya silaturahmi, merusak pikiran dijauhi dari sistem sosial dan tentun saja menghalangi seseorang dari pancaran sinar hidayah dari Allah SWT, maka kehadiran rejeki akan terhalang oleh sifatrendah (dendam)

Last Updated on Monday, 02 July 2012 04:52
Read more...
 
Pakar : Ekonomi Islam Solusi Ketidakadilan PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Thursday, 31 May 2012 00:17
Sistem ekonomi Islam menjadi solusi alternatif terhadap ketidakadilan yang muncul akibat sistem ekonomi konvensional, kata pengamat ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Masyhudi Muqorobin.

"Hal itu menunjukkan bahwa Islam memang membawa kebaikan untuk semua, bukan hanya untuk orang Islam. Islamisasi dalam ilmu ekonomi menjadikan ekonomi yang ada lebih Islami dan adil," katanya di Yogyakarta, Kamis (16/2).

Read more...
 
Gadai Emas Versi Baru Jangan Langgar Syariah PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Wednesday, 30 May 2012 23:36
Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) mengingatkan gadai emas versi baru harus memperhatikan pertumbuhan bank syariah. Hal ini lantaran gadai emas telah mendukung pertumbuhan bank syariah.

“Sepanjang itu bisa menumbuhkan perbankan dan tidak melanggar syariah, kenapa tidak. Yang penting bank bisa tumbuh, “ ujar Ketua DSN MUI, Ma’ruf Amien, Selasa (14/2).

Read more...
 
« StartPrev123NextEnd »

Page 2 of 3

Visitors Counter

55176
TodayToday13
YesterdayYesterday51
This WeekThis Week274
This MonthThis Month1781
All DaysAll Days55176
free counters

bagikan ke teman


Ads on: Special HTML

feed-image Feed Entries


Hakcipta © 2012-2017 BMT Muamalat. Designed by RumahJoomla.com.